Petuah-Petuah Ellis, ep. 1

Masih terkait buku yang tengah saya baca terkait growth hack, karangan Sean Ellis, saya mencatat empat buah potongan kalimat yang menurut saya penting untuk kita ketahui dan menjadi prinsip dasar dalam growth hack. I know, ini masih bagian pendahuluan, sigh. Mendapatkan waktu untuk membaca buku sedikit sulit akhir-akhir ini. Anda tenang saja, saya akan share poin-poin penting yang lain setelah saya merampungkan beberapa lembar di bagian “Part I” dalam buku.

Tidak Ada Yang Instan

…, in truth, most growth is due to an accumulation of small wins.

Ada beberapa contoh perusahaan yang sukses melakukan growth hack dan ceritanya terdengar seperti keajaiban datang dengan sendirinya. Pada kenyataannya, kisah-kisah sukses tersebut telah melewati berbagai pembelajaran hingga menemukan sebuah growth hack yang sukses dan ceritanya tersebar. Tidak ada yang instan menjadi sukses.

Percobaan-percobaan dilakukan dengan effort seminimal mungkin untuk mendapatkan peningkatan growth semaksimal mungkin. Hasil percobaan yang sukses dengan angka yang kecil sekalipun dihargai sebagai upaya peningkatan. Apabila diakumulasi secara terus menerus akan menghasilkan angka yang secara signifikan besar.

Kerjasama Multidisiplin

… the greatest successes come from combining programming know-how with expertise in data analytics and strong marketing experience, …

Growth hack tidak dapat dilakukan secara perorangan dengan fungsi masing-masing. Apabila marketing, data analis, product manager, dan para engineer bekerja dengan lingkupnya masing-masing tanpa duduk membahas suatu tujuan bersama yang lebih besar, peningkatan growth kemungkinan besar tidak akan terjadi. Oleh karena itu, sebuah tim growth harus terdiri dari semua fungsi tersebut dan bekerja secara bersama-sama dengan keahlian dan keterampilan masing-masing menyelesaikan persoalan bersama-sama.

Percobaan-Pengujian

… they have combined to grow the business through rigorous experimentation and testing with strategies that are complexity aboveboard.

Dengan teknik tertentu, ada pada bagian buku yang belum saya baca, tim secara menyeluruh mencoba untuk mengembangkan bisnis dari produk melalui percobaan dan pengujian yang rumit tetapi benar dan transparan.

Percobaan yang telah dilakukan di awal dipelajari dan hasilnya akan mempengaruhi percobaan yang akan dilakukan berikutnya. Hasil pengujian dari percobaan bisa saja berhasil meningkatkan growth dan bisa saja tidak. Dengan banyak lesson learned, percobaan berikutnya akan lebih terarah dan efektif/efisien.

Keterlibatan Menyeluruh

…, growth teams should be involved in all stages and all levers of growth, from attaining product/market fit to customer/user acquisition, activation, retention, and monetization.

Tim harus terlibat dalam semua tahapan maupun kegiatan. Tidak boleh ada pembagian pekerjaan secara parsial. Semua anggota harus memikirkan dan terlibat dalam implementasi growth dalam semua tahapan. Tahapan yang dimaksud adalah mulai dari pengembangan ide produk, penempatan pada pasar, pemerolehan user, aktivasi user, retensi user, dan monetisasi dari produk.

Mungkin anda sedikit bingung bedanya user acquisition (pemerolehan user) dengan user activation (aktivasi user). Aktivasi user yang dimaksud adalah bagaimana mengubah user yang telah diperoleh pada user acquisition dari user biasa menjadi user yang evangelist. User evangelist ini maksudnya user yang selain secara aktif menggunakan aplikasi juga mengajak maupun mengedukasi orang lain untuk ikut menjadi user dan menggunakan produk.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.